IMPLEMENTASI METODE PAKISTANI DALAM MENDUKUNG HAFALAN AL-QUR'AN SISWA KELAS IX SALAFIYAH WUSTHA ISLAMIC CENTER BINBAZ YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2024-2025

Abdurrahman, Jawad Musyaffa' (2025) IMPLEMENTASI METODE PAKISTANI DALAM MENDUKUNG HAFALAN AL-QUR'AN SISWA KELAS IX SALAFIYAH WUSTHA ISLAMIC CENTER BINBAZ YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2024-2025. Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah madani Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (230kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (305kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (361kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (451kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB 1V.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (223kB)
[thumbnail of DAFTARPUSTAKA] Text (DAFTARPUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (212kB)
[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
Jawad_Skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
“Jawad Musyaffa’ Abdurrahman (211371024). Implementasi Metode Pakistani
dalam Mendukung Hafalan Al-Qur’an Siswa Kelas IX Putra Salafiyah Wustha
Islamic Center Binbaz Yogyakarta Tahun Ajaran 2024–2025. Skripsi. Yogyakarta:
Program Studi Pendidikan Agama Islam. Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani
Yogyakarta, 2025.”
Penelitian ini didasarkan pada pentingnya hafalan Al-Qur’an dalam
membentuk karakter generasi muda yang Qur’ani dan berakhlak mulia. Metode
Pakistani digunakan sebagai pendekatan sistematis dalam kegiatan tahfidz dengan
tiga tahapan utama yaitu, sabaq, sabqi, dan manzil. Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis bagaimana metode ini diterapkan di Salafiyah Wustha Islamic Center
Bin Baz serta dampaknya terhadap kualitas hafalan siswa, termasuk dalam
menghadapi kendala internal dan eksternal.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan
kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi langsung,
wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data melibatkan proses reduksi
data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan secara sistematis dan holistik
untuk memperoleh gambaran menyeluruh terkait penerapan metode pakistani.
hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode pakistani
dilaksanakan dengan tiga tahapan utama yaitu sabaq, sabqi dan manzil secara
konsisten dan terstuktur. Faktor pendukung keberhasilan metode ini meliputi
semangat siswa, bimbingan pengampu, serta lingkungan belajar yang kondusif.
Kendala utama meliputi manajemen waktu, kondisi fisik siswa, dan variasi
kemampuan individu. Penelitian menyarankan agar metode ini terus
disempurnakan dengan peningkatan kualitas pendampingan pengampu dan
penguatan motivasi siswa untuk hasil hafalan yang lebih optimal dan berkelanjutan.
Kata Kunci: Metode Pakistani, Hafalan Al-Qur’an, Salafiyah Wustha.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: mrs Admin Repository
Date Deposited: 12 Jun 2025 04:44
Last Modified: 12 Jun 2025 04:44
URI: http://repository.stitmadani.ac.id/id/eprint/215

Actions (login required)

View Item
View Item