Muarofah, Lian Nurul (2025) Analisis Problematika Pembelajaran Qira’ah terhadap Siswi Kelas VII MTs Al-Khoir Islamic School Bin Baz 5 Cikande Serang Banten. Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani Yogyakarta.
![[thumbnail of Abstrak]](http://repository.stitmadani.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (216kB)
![[thumbnail of BAB I]](http://repository.stitmadani.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (556kB)
![[thumbnail of BAB II]](http://repository.stitmadani.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab 2.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (609kB)
![[thumbnail of BAB III]](http://repository.stitmadani.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab 3.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (951kB)
![[thumbnail of BAB IV]](http://repository.stitmadani.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab 4.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (356kB)
![[thumbnail of Daftar Pustaka]](http://repository.stitmadani.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (559kB)
![[thumbnail of Full Text]](http://repository.stitmadani.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (2MB)
Abstract
“Lian Nurul Muarofah. (211.372.028). Analisis Problematika Pembelajaran Qira’ah terhadap Siswi Kelas VII MTs Al-Khoir Islamic School Bin Baz 5 Cikande Serang Banten. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Bahasa Arab. Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani Yogyakarta, 2025.”
Penelitian ini didasarkan pada teori pembelajaran bahasa Arab, khususnya keterampilan membaca (Maharah Qira’ah) yang sangat penting dalam memahami teks-teks keislaman. Latar belakang penelitian ini adalah ditemukannya berbagai kendala dalam pembelajaran Maharah Qira’ah pada siswi kelas VII MTs Al-Khoir Islamic School Bin Baz 5 Cikande Serang Banten, baik dari aspek linguistik maupun non-linguistik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis problematika yang dihadapi siswi dalam pembelajaran Qira’ah serta solusi yang diterapkan guru dalam mengatasinya.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan meliputi data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi secara langsung terhadap kepala sekolah, guru bahasa Arab, serta siswi kelas VII MTs Al-Khoir Islamic School Bin Baz 5 Cikande Serang Banten. Sedangkan data sekunder diperoleh dari dokumen tertulis seperti profil sekolah, silabus, RPP, daftar nilai, dan arsip lainnya yang relevan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini merujuk pada model Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa problematika linguistik yang dihadapi meliputi kesulitan pelafalan huruf, keterbatasan kosakata, dan pemahaman struktur bahasa Arab. Sementara problematika non-linguistik meliputi metode pembelajaran yang kurang variatif, kurangnya media pembelajaran, latar belakang pendidikan siswi yang beragam, serta keterbatasan waktu belajar bagi siswi non-asrama. Solusi yang diterapkan guru antara lain memberikan latihan membaca intensif, menggunakan pendekatan individual, memotivasi siswi untuk lebih aktif, serta menambah variasi metode dan media pembelajaran. Penelitian ini merekomendasikan inovasi metode serta peningkatan fasilitas pendukung untuk mengoptimalkan pembelajaran Maharah Qira’ah.
Kata Kunci: Problematika, Pembelajaran, Maharah, Qira’ah
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | mrs Admin Repository |
Date Deposited: | 10 Jun 2025 22:55 |
Last Modified: | 10 Jun 2025 22:55 |
URI: | http://repository.stitmadani.ac.id/id/eprint/210 |