Hafiz, Wahyudin (2024) Implementasi Metode Diskusi Kelompok dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas VIII A Salafiyah Wustho Islamic Centre Bin baz Putra Pada Mata Pelajaran Fiqih Tahun Pelajaran 2023/2024 Semester Ganjil. Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani.
Skripsi Full Text - Wahyudin Hafiz-9.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (7kB)
Skripsi Full Text - Wahyudin Hafiz-20-39.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (136kB)
Skripsi Full Text - Wahyudin Hafiz-40-52.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (212kB) | Request a copy
Skripsi Full Text - Wahyudin Hafiz-53-72.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (270kB) | Request a copy
Skripsi Full Text - Wahyudin Hafiz-73-75.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (76kB)
Skripsi Full Text - Wahyudin Hafiz-76-79.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (142kB)
Skripsi Full Text - Wahyudin Hafiz.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Salafiyah Wustho Islamic Centre Bin Baz adalah sekolah yang setara
dengan SMP. Salafiyah Wustho memiliki berbagai masalah yang kerap dihadapi
oleh guru dalam proses pembelajaran Fiqih, seperti siswa tidak memperhatikan
saat pembelajaran, sampai kurangnya kemampuan siswa dalam memahami
pembelajaran dan menyampaikan pendapat tentang materi yang disampaikan. Hal
tersebut berpengaruh pada hasil belajar siswa yang kemudian menjadi catatan
akademik yang kemudian menjadi bahan evaluasi. Guru dalam masalah ini
mencoba berkontribusi untuk melakukan perbaikan, terkait hasil belajar dari siswa
dengan menggunakan metode diskusi kelompok.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), atau
penelitian lapangan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, artinya
hasilnya tidak diperoleh melalui teknik statistik atau hitungan lainnya. Penelitian
kualitatif, juga dikenal sebagai penelitian naturalistik, melakukan penelitian pada
lingkungan alam, atau setting natural, tanpa mengubahnya menjadi numerik atau
simbol.
Pemakaian metode pembelajaran diskusi kelompok dapat lebih
meningkatkan hasil belajar siswa, Nilai hasil Pre-test sebanyak 63,6% siswa diatas
KKM, dan nilai post-test yang jauh meningkat menjadi 96.6% yang diatas KKM.
faktor penghambat yaitu siswa dan guru masih terbiasa dengan metode belajar yang
monoton dan metode pembelajaran yang digunakan masih konvensional, siswa
yang belum terbiasa untuk memberikan atau mengajukan pendapat didepan teman
temannya, dan kurang aktif dalam berdiskusi di kelompok. Adapun faktor
pendukung dalam penerapan metode diskusi kelompok ini adalah siswa memiliki
semangat, dan lingkungan yang mendukung. Dan kelas lebih kondusif karena
adanya motivasi yang kuat dari diri siswa sehingga siswa sangat bersemangat dalam
mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode diskusi kelompok.
Kata kunci : Metode Diskusi, Fiqih, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | mrs Admin Repository |
Date Deposited: | 07 Dec 2024 07:07 |
Last Modified: | 07 Dec 2024 07:07 |
URI: | http://repository.stitmadani.ac.id/id/eprint/20 |