IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SENI KALIGRAFI ARAB (KHOT/IMLA’) DALAM MELATIH KEMAHIRAN MENULIS BAHASA ARAB SISWA KLS VII SALAFIYAH WUSTHO PONDOK PESANTREN ISLAMIC CENTRE BIN BAZ YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2023/2024

Julpikar, Muhammad (2024) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SENI KALIGRAFI ARAB (KHOT/IMLA’) DALAM MELATIH KEMAHIRAN MENULIS BAHASA ARAB SISWA KLS VII SALAFIYAH WUSTHO PONDOK PESANTREN ISLAMIC CENTRE BIN BAZ YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2023/2024. Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani.

[thumbnail of Cover - Abstrak] Text (Cover - Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (552kB)
[thumbnail of BAB I (PENDAHULUAN)] Text (BAB I (PENDAHULUAN))
Bab I Pendahuluan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (427kB)
[thumbnail of BAB II (LANDASAN TEORI)] Text (BAB II (LANDASAN TEORI))
Bab II Landasan Teori.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (535kB)
[thumbnail of BAB III (PENYAJIAN ANALISIS DATA)] Text (BAB III (PENYAJIAN ANALISIS DATA))
Bab III Penyajian Analisis Data.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (452kB)
[thumbnail of BAB IV (PENUTUP)] Text (BAB IV (PENUTUP))
Bab IV Penutup.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (213kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (215kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul "Implementasi Pembelajaran Seni Kaligrafi Arab (Khot/Imla')
Untuk Melatih Kemahiran Menulis Bahasa Arab Kelas VIIA Salafiyah Wustho Pondok
Pesantren Islamic Center Bin Baz Yogyakarta" penelitian ini dilatarbelakangi ketika peneliti
melakukan pra observasi kepada siswa kelas VIIA jenjang Salafiyah Wustho Islamic Center
Bin Baz Yogyakarta yang telah mempunyai perbedaan dalam prestasi belajar yaitu lebih
menonjol dan lebih unggul dibanding kelas lain Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui
Implementasi Pembelajaran Seni Kaligrafi Arab (Khot/Imla') Kelas VII A Salafiyah Wustho
Pondok Pesantren Islamic Center Bin Baz Yogyakarta, mengetahui implementasinya seperti
apa dan mengetahui faktor keberhasilan dan penghambat dalam pembelajaran kaligrafi Arab
(Khot/imla') ini adalah studi kualitatif pada murid kelas VIIA Salafiyah Wustho Pondok
Pesantren Islamic Center Bin Baz Yogyakarta. Pengumpulan data menggunakan metode
observasi, wawancara dan dokumentasi serta analisis kualitatif. Sedangkan validasi data
dilakukan dengan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut 1.
Pembelajaran seni kaligrafi Arab (Khot/imla') sangat membantu mereka untuk bisa menulis
bahasa arab sesuai kaidah-kaidah yang telah ditentukan dan dengan adanya pembelajaran ini
mereka bisa lebih mudah belajar bahasa Arab dan pembelajaran Diniyah lainnya dikarenakan
kitab-kitab yang dipakai di Pondok Islamic Center Bin Baz Yogyakarta menggunakan kitab
berbahasa Arab maka dengan adanya pembelajaran ini mereka lebih mudah dalam belajar 2.
Faktor pendukung dari implementasi pembelajaran seni kaligrafi Arab (Khot/imla') adalah
kelas yang aktif dan semangat dalam pembelajaran seni kaligrafi Arab (Khot/imla'), cintanya
siswa dalam memahami kaidah-kaidah menulis bahasa Arab yang begitu luar biasa, aktifnya
siswa dalam bertanya dalam pembelajaran seni kaligrafi Arab (Khot/imla') jika mereka belum
paham terkait dengan materi yang diajarkan dan adab mereka terhadap guru senantiasa dijaga
dengan baik 3. Faktor penghambat dikarenakan mereka memiliki latar belakang dari sekolah
umum atau negeri yang sebelumnya belum pernah belajar bahasa Arab atau mengaji sama
sekali sehingga mereka kesusahan dan jadi terhambat dalam pembelajaran seni kaligrafi Arab
(khot/imla') dan tidak adanya kegiatan ektarakulikuler yg membuat peningkatan khusus dalam
(khot/imla’).

Kata kunci: Implementasi, Pembelajaran Khot/Imla’ Dan Bahasa Arab

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: mrs Admin Repository
Date Deposited: 01 Dec 2024 08:01
Last Modified: 02 Dec 2024 06:31
URI: http://repository.stitmadani.ac.id/id/eprint/2

Actions (login required)

View Item
View Item