Ramadani, Adinda Bonita (2025) EVALUASI PELAKSANAAN UJIAN PRAKTIK SHOLAT DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN KETERAMPILAN IBADAH SHOLAT SANTRIWATI SALAFIYAH WUSTHO KELAS IX DI ISLAMIC CENTER BIN BAZ IV WANGON TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani Yogyakarta.
ABSTRAKadinda.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (121kB)
BAB I adinda.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (273kB)
BAB II adinda.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (338kB)
BAB III adinda.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (669kB)
BAB IV adinda.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (134kB)
DAFTAR PUSTAKA adinda.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (144kB)
skripsiAdindattdlengkap.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (6MB)
Abstract
“Adinda Bonita Ramadani. (211.371.013). Evaluasi Pelaksanaan Ujian Praktik 
Sholat dalam Meningkatkan Pemahaman dan Keterampilan Ibadah Sholat 
Santriwati Salafiyah Wustho Kelas IX di Islamic Center Bin Baz IV Wangon Tahun 
Ajaran 2024/2025. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Agama Islam. 
Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani Yogyakarta, 2025.” 
Pelaksanaan ujian praktik ibadah sholat merupakan bagian dari pembinaan 
karakter religius santriwati yang dilakukan secara berkelanjutan. Ujian ini bertujuan 
untuk meningkatkan pemahaman, keterampilan, dan sikap spiritual santriwati 
dalam melaksanakan ibadah sholat sesuai tuntunan syariat Islam. 
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan 
melalui observasi, wawancara dengan santriwati, ustadzah penguji, dan wali 
asrama, serta dokumentasi. Analisis dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, 
dan penarikan kesimpulan. 
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan ujian praktik ibadah 
sholat dilakukan secara sistematis dan individual dengan beberapa aspek penilaian, 
ujian praktik terbukti efektif meningkatkan kemampuan kognitif, psikomotorik, dan 
afektif santriwati dalam ibadah sholat, faktor pendukung  ujian meliputi lingkungan 
pesantren yang religius, pembiasaan ibadah sholat lima waktu, bimbingan intensif 
dari ustadzah, serta motivasi internal santriwati, sedangkan faktor penghambat 
mencakup keterbatasan jumlah penguji, keterbatasan waktu, ketidakmerataan 
intensitas pembinaan, dan waktu tunggu yang lama. Secara keseluruhan, ujian 
praktik ini berperan penting dalam memperkuat keterampilan ibadah dan 
menumbuhkan karakter keagamaan santriwati secara berkelanjutan. 
Kata Kunci: Evaluasi, Ujian Praktik Sholat, Kemampuan Ibadah, Pendidikan Islam.
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion L Education > L Education (General)  | 
        
| Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education | 
| Depositing User: | mrs Admin Repository | 
| Date Deposited: | 01 Jun 2025 05:22 | 
| Last Modified: | 02 Jun 2025 07:28 | 
| URI: | http://repository.stitmadani.ac.id/id/eprint/197 | 
