Pengaruh Bahasa Gaul Di Media Sosial Terhadap Perkembangan Nilai-nilai Karakter Mahasiswi STITMA Yogyakarta Tahun 2024/2025

Nurkhasanah, Putri (2025) Pengaruh Bahasa Gaul Di Media Sosial Terhadap Perkembangan Nilai-nilai Karakter Mahasiswi STITMA Yogyakarta Tahun 2024/2025. Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani Yogyakarta.

[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (254kB)
[thumbnail of Bab 1] Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (424kB)
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB 2.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (394kB)
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB 3.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (348kB)
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB 4.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (250kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (263kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
FULL TEKS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (3MB)

Abstract

Pengaruh Bahasa Gaul Di Media Sosial Terhadap Perkembangan Nilai-nilai Karakter Mahasiswi STITMA Yogyakarta Tahun 2024/2025. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Agama Islam. Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani, 2025.

Penelitian ini didasarkan pada latar belakang masalah di kalangan remja zaman sekarang, yang menimbulkan kekhawatiran akan penurunan kualitas komunikasi dan nilai-nilai karakter akibat penggunaan bahasa gaul yang tidak sesuai dengan kaidah bahasa, dipicu oleh maraknya trend penggunaan media sosial pada berbagai platfrom. Penelitian ini bertujuan untuk menegetahui menegetahui bagaimana pengaruh penggunaan bahasa gaul di media sosial terhadap perkembangan nilai-nilai karakter mahasiswi STITMA Yogyakarta dan untuk menegetahui bagaimana pandangan mahasiswi STITMA Yogyakarta tentang pengaruh antara bahasa gaul di media sosial terhadap perkembangan nilai-nilai karakter dalam kehidupan sehari-hari. Jenis penelitian ini ialah penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional, menerapkan teknik pengumpulan data berupa kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah semester IV dan VI PAI dan PBA dengan jumlah 104 mahasiswi, dimana sampel yang digunakan 75 mahasiswi dengan menerapkan teknik proportionate stratified random sampling. Jenis instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah kuesioner. Teknik analisis analisis yang di pakai meliputi uji validitas, reabilitas, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis menggunakan uji korelasi pearson product moment. Hasil uji hipotesis berdasarkan tabel hasil uji korelasi pearson product moment pada variabel X menunjukkan bahwa nilai r hitung 0,967 <r tabel 0,2272 maka Ha diterima dan H0 di tolak. Artinya terdapat pengaruh yang sangat tinggi antara bahasa gaul dan nilai karakter secara signifikan dengan arah yang positif. Bahasa gaul di media sosial berpengaruh signifikan terhadap nilai karakter Mahasiswi STITMA Yogyakarta (Korelasi 0,967). Meskipun bermanfaat untuk pesan keagamaan dan. relasi, ada kekhawatiran degradasi nilai keislaman. Penting untuk bijak dan sadar konteks saat menggunakannya.

Kata Kunci: Bahasa Gaul, Media Sosial, Nilai Karakter

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: mrs Admin Repository
Date Deposited: 31 May 2025 06:00
Last Modified: 31 May 2025 06:00
URI: http://repository.stitmadani.ac.id/id/eprint/173

Actions (login required)

View Item
View Item