Gibran, Irham Rohib (2025) PELAKSANAAN PSIKOEDUKASI ISLAM DALAM MEMBENTUK ADAPTASI SOSIAL SISWA KELAS VII SALAFIYAH WUSTHO ISLAMIC CENTRE BIN BAZ YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani Yogyakarta.
![[thumbnail of ABSTRAK]](http://repository.stitmadani.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (140kB)
![[thumbnail of BAB I]](http://repository.stitmadani.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (224kB)
![[thumbnail of BAB II]](http://repository.stitmadani.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 2.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (318kB)
![[thumbnail of BAB III]](http://repository.stitmadani.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 3.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (421kB)
![[thumbnail of BAB IV]](http://repository.stitmadani.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 4.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (133kB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]](http://repository.stitmadani.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (182kB)
![[thumbnail of FULL TEXT]](http://repository.stitmadani.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi_an._Irham___Rev_7_ACC_MUNAQOSAH___PELAKSANAAN_PSIKOEDUKASI_ISLAM_SISWA_KELAS_VII_SALAFIYYAH_WUSTHO[1][1].pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (4MB)
Abstract
ABSTRAK
“Irham Rohib Gibran, 211.371.038 Pelaksanaan Psikoedukasi Islam Dalam Membentuk Adaptasi Sosial Siswa Kelas Vii Salafiyah Wustho Islamic Centre Bin Baz Yogyakarta Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Agama Islam. Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani Yogyakarta, 2025.”
Penelitian ini didasarkan pada teori mengenai pentingnya psikoedukasi Islam sebagai pendekatan integratif yang menggabungkan nilai-nilai keagamaan dan prinsip psikologis dalam membantu siswa mengembangkan kemampuan adaptasi sosial secara efektif. Latar belakang penelitian ini berangkat dari fenomena rendahnya kemampuan adaptasi sosial sebagian siswa kelas VII di lingkungan Salafiyah Wustho Islamic Centre Bin Baz Yogyakarta, yang ditandai dengan kurangnya rasa percaya diri, kesulitan berinteraksi sosial, serta tekanan emosional dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan pesantren. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan psikoedukasi Islam dalam membentuk adaptasi sosial siswa serta mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambatnya.
Jenis penelitian ini ialah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi, serta dianalisis dengan menggunakan model interaktif Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian memperlihatkan bahwa psikoedukasi Islam dilaksanakan melalui program pembinaan terstruktur yang berlandaskan nilai-nilai tauhid, tazkiyah al-nafs, akhlak mulia, dan ukhuwah islamiyah. Faktor pendukungnya mencakup keterlibatan aktif guru, lingkungan pesantren yang kondusif, serta partisipasi siswa. Sementara itu, faktor penghambatnya meliputi latar belakang siswa yang beragam, keterbatasan waktu, dan resistensi individu. Psikoedukasi Islam terbukti efektif dalam membentuk kemampuan adaptasi sosial siswa, yang tercermin dalam peningkatan komunikasi interpersonal, kerja sama, pengendalian emosi, dan kesejahteraan psikologis. Penelitian ini merekomendasikan penguatan program psikoedukasi secara berkelanjutan dan kolaboratif antara pihak sekolah dan orang tua guna mendukung perkembangan sosial siswa secara optimal.
Kata Kunci: Pelaksanaan, Psikoedukasi Islam, Adaptasi Sosial.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | mrs Admin Repository |
Date Deposited: | 29 May 2025 08:15 |
Last Modified: | 31 May 2025 01:41 |
URI: | http://repository.stitmadani.ac.id/id/eprint/134 |