Strategi Guru PAI Dalam Meningkatkan Pemahaman Belajar Pada Mata Pelajaran Hadits Siswa Kelas VII A Salafiyah Wustha Islamic Centre Bin Baz Yogyakarta Tahun Ajaran 2024/2025

Zulkarnain, Muhammad Farid (2025) Strategi Guru PAI Dalam Meningkatkan Pemahaman Belajar Pada Mata Pelajaran Hadits Siswa Kelas VII A Salafiyah Wustha Islamic Centre Bin Baz Yogyakarta Tahun Ajaran 2024/2025. Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani Yogyakarta.

[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (236kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (295kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (275kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (445kB)
[thumbnail of Bab VI] Text (Bab VI)
BAB VI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (32kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (166kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Skripsi - M_Farid_Zulkarnain_Final.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (4MB)

Abstract

“Muhammad Farid Zulkarnain. 211.371.058. Strategi Guru PAI dalam Meningkatkan Pemahaman Belajar pada Mata Pelajaran Hadits Siswa Kelas VII A Salafiyah Wustha Islamic Centre Bin Baz Yogyakarta Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Agama Islam Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani Yogyakarta, 2025.”
Penelitian ini berdasarkan pada teori mengenai pentingnya peran Pendidikan Agama Islam (PAI), khususnya mata pelajaran Hadits dalam membentuk karakter dan moral siswa melalui pemahaman nilai-nilai Islami yang mendalam. Pembelajaran Hadits merupakan bagian penting dalam Pendidikan Agama Islam dan memiliki peran utama dalam memperkuat pemahaman siswa terhadap ajaran Rasulullah Shallahu ‘Alaihi wa Sallam. Penelitian ini mengkaji tentang strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap mata pelajaran Hadits siswa kelas VII A di Salafiyah Wustha Islamic Centre Bin Baz Yogyakarta.
Jenis penelitian ini memanfaatkan metode kualitatif deskriptif, yang fokus terhadap proses penelitian untuk mengumpulkan data dalam bentuk lisan maupun tulisan tentang objek yang diteliti. Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk menggali pemahaman mendalam terhadap fenomena atau gejala sosial, serta menyajikan penjelasan yang komprehensif mengenai fenomena tersebut. Oleh karena itu, penelitian metode kualitatif ini bertujuan utamanya adalah pemahaman yang mendalam terhadap gejala sosial dengan mengumpulkan data tertulis dan lisan untuk menghasilkan kesimpulan dari sebuah teori.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan berbagai strategi yang digunakan oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam proses pembelajaran mata pelajaran Hadits kepada siswa kelas VII A di Salafiyah Wustha Islamic Centre Bin Baz Yogyakarta. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengungkap bagaimana strategi-strategi tersebut diterapkan dalam upaya meningkatkan pemahaman belajar siswa terhadap materi Hadits. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor pendukung maupun penghambat yang dihadapi guru dalam penerapan strategi pembelajaran.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa guru Pendidikan Agama Islam menggunakan berbagai metode pengajaran, seperti talqin, ceramah dan hafalan untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap mata pelajaran Hadits. Pada penerapan berbagai metode ini, metode ceramah adalah metode yang paling efektif untuk digunakan. Strategi dilaksanakan secara sistematis melalui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran.

Kata kunci: Meningkatkan pemahaman, Pendidikan Agama Islam, Guru, Siswa, Pesantren

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: mrs Admin Repository
Date Deposited: 29 May 2025 03:41
Last Modified: 29 May 2025 03:41
URI: http://repository.stitmadani.ac.id/id/eprint/130

Actions (login required)

View Item
View Item