Hanifah, Hanifah (2024) Implementasi Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Mata Pelajaran Akhlak Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI L Agama Madrasah Aliyah Islamic Centre Bin Baz Yogyakarta. Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani.
Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (12kB)
BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (344kB)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (235kB) | Request a copy
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (611kB) | Request a copy
BAB IV.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (80kB)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (143kB)
Skripsi Full Text - Hanifah.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (3MB) | Request a copy
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi 
metode pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement 
Division) pada pembelajaran Akhlak dan bagaimana peningkatan hasil 
belajar siswa yang diterapkan metode kooperatif tipe STAD saat belajar 
Akhlak di kelas XI-L Agama Madrasah Aliyah Islamic Centre Bin Baz 
Putri Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian Tindakan kelas.Kegiatan 
penelitian dilakukan di MA Islamic Center Bin Baz Putri Yogyakarta dengan
subjek penelitian kelas XI-L Agama. Pengumpulan data dilakukan dengan 
cara Pengamatan, tes dan dokumentasi Penelitian ini menggunakan satu
kelas yaitu kelas XI-L Agama sebagai subjek penelitian memakai metode
pembelajaran kooperatif tipe STAD.
Hasil penelitian memperlihatkan bahwa implementasi metode 
pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar 
kognitif siswa pada mata pelajaran akhlak terlihat dari siklus pertama nilai 
rata-rata 81,66 siklus kedua 92,04 atau peningkatan sebesar 10,38 atau 
12,71%, Hasil belajar afektif Siswa pada mata pelajaran akhlak pada siklus 
pertama 72,72 siklus ke dua 93,18 atau peningkatan sebesar 20,46 atau 
28,13% dan hasil belajar psikomotorik siswa pada mata pelajaran akhlak 
siklus pertama 80 siklus ke dua 88,70 atau peningkatan sebesar 8,70 atau 
10,87%. Karena itu dapat disimpulkan bahwa implementasi metode
pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar 
siswa pada mata pelajaran akhlak di MA Islamic Center Bin Baz Putri 
Yogyakarta.
Kata Kunci : Penerapan, Metode Pembelajaran kooperatif tipe STAD,
Hasil Belajar, Akhlak
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General)  | 
        
| Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education | 
| Depositing User: | mrs Admin Repository | 
| Date Deposited: | 04 Dec 2024 06:22 | 
| Last Modified: | 04 Dec 2024 06:22 | 
| URI: | http://repository.stitmadani.ac.id/id/eprint/12 | 
