Implementasi Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Mata Pelajaran Akhlak Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI L Agama Madrasah Aliyah Islamic Centre Bin Baz Yogyakarta.

Hanifah, Hanifah (2024) Implementasi Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Mata Pelajaran Akhlak Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI L Agama Madrasah Aliyah Islamic Centre Bin Baz Yogyakarta. Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani.

[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (12kB)
[thumbnail of Pendahuluan] Text (Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (344kB)
[thumbnail of Landasan Teori] Text (Landasan Teori)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (235kB) | Request a copy
[thumbnail of Penyajian dan Analisis Data] Text (Penyajian dan Analisis Data)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (611kB) | Request a copy
[thumbnail of Penutup] Text (Penutup)
BAB IV.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (80kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (143kB)
[thumbnail of Skirpsi Full Text] Text (Skirpsi Full Text)
Skripsi Full Text - Hanifah.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi
metode pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement
Division) pada pembelajaran Akhlak dan bagaimana peningkatan hasil
belajar siswa yang diterapkan metode kooperatif tipe STAD saat belajar
Akhlak di kelas XI-L Agama Madrasah Aliyah Islamic Centre Bin Baz
Putri Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian Tindakan kelas.Kegiatan
penelitian dilakukan di MA Islamic Center Bin Baz Putri Yogyakarta dengan
subjek penelitian kelas XI-L Agama. Pengumpulan data dilakukan dengan
cara Pengamatan, tes dan dokumentasi Penelitian ini menggunakan satu
kelas yaitu kelas XI-L Agama sebagai subjek penelitian memakai metode
pembelajaran kooperatif tipe STAD.
Hasil penelitian memperlihatkan bahwa implementasi metode
pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar
kognitif siswa pada mata pelajaran akhlak terlihat dari siklus pertama nilai
rata-rata 81,66 siklus kedua 92,04 atau peningkatan sebesar 10,38 atau
12,71%, Hasil belajar afektif Siswa pada mata pelajaran akhlak pada siklus
pertama 72,72 siklus ke dua 93,18 atau peningkatan sebesar 20,46 atau
28,13% dan hasil belajar psikomotorik siswa pada mata pelajaran akhlak
siklus pertama 80 siklus ke dua 88,70 atau peningkatan sebesar 8,70 atau
10,87%. Karena itu dapat disimpulkan bahwa implementasi metode
pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar
siswa pada mata pelajaran akhlak di MA Islamic Center Bin Baz Putri
Yogyakarta.

Kata Kunci : Penerapan, Metode Pembelajaran kooperatif tipe STAD,
Hasil Belajar, Akhlak

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: mrs Admin Repository
Date Deposited: 04 Dec 2024 06:22
Last Modified: 04 Dec 2024 06:22
URI: http://repository.stitmadani.ac.id/id/eprint/12

Actions (login required)

View Item
View Item