EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN CANVA TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN FIQIH DI KELAS X MA PUTRI ISLAMIC CENTRE BIN BAZ YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2024/2025

Jannati, Muthmainnah (2025) EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN CANVA TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN FIQIH DI KELAS X MA PUTRI ISLAMIC CENTRE BIN BAZ YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH MADANI YOGYAKARTA.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (248kB)
[thumbnail of BAB 1 .pdf] Text
BAB 1 .pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (536kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (711kB)
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (672kB)
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (75kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (222kB)
[thumbnail of MUTHMAINNAH JANNATI.pdf] Text
MUTHMAINNAH JANNATI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK

“Muthmainnah Jannati. (211371015). Efektivitas Media Pembelajaran Canva Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mata Pembelajaran Fiqih di Kelas X MA Putri Islamic Centre Bin Baz Yogyakarta Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Agama Islam. Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani Yogyakarta, 2025”
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran Canva terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Fiqih. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (quasi experiments) dengan pendekatan kuantitatif yang memiliki populasi sebanyak 146 peserta didik kelas X MA Putri Islamic Centre Bin Baz dan 71 sampel penelitian yang terdiri dari 35 peserta didik kelas eksperimen dan 36 peserta didik kelas kontrol yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Jenis instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah instrumen tes (pretest dan posttest) berupa soal pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar.
Data Penelitian diperoleh melalui tes awal (pretest), tes akhir (posttest), observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data statisitik deskriptif dan analisis data statistik inferensial. Berdasarkan hasil pretest, nilai rata-rata hasil belajar peserta didik adalah 54,14 dengan nilai tertinggi 75, nilai terendah 35 dan perolehan persentase ketuntasan hasil belajar sebelum menggunakan media pembelajaran. Canva yaitu 0%. Dapat dikatakan bahwa tingkat kemampuan peserta didik dalam memahami serta penguasaan materi pelajaran Fiqih sebelum menggunakan media pembelajaran Canva tergolong rendah. Selanjutnya nilai rata-rata hasil posttest mengalami kenaikan yaitu 84,34 dengan nilai tertinggi 94, nilai terendah 70 dan persentase ketuntasan hasil belajar yaitu 85,71%. Tingkat kemampuan peserta didik dalam memahami serta penguasaan materi pelajaran Fiqih setelah menggunakan media pembelajaran Canva tergolong tinggi dan mengalami peningkatan dengan presentase 85,71%.
Pada analisis inferensial dengan menggunakan uji-t pada hasil belajar didapatkan hasil sig 0,032 yang artinya 0,032 < 0,05. Hasil analisis untuk hasil belajar tersebut menunjukkan hipotesis penelitian diterima karena nilai t sig < 0,05. Hal ini juga dapat dilihat dari t_(hitung ) > t_(tabel ). Berdasarkan perhitungan SPSS maka diperoleh t_(hitung )2,191 dan t_(tabel )1,995. Hal ini terlihat bahwa t_(hitung )= 2,191 > t_(tabel )= 1,995. Dalam hasil pelaksanaan ini, menunjukkan bahwa media pembelajaran Canva efektif terhadap hasil belajar peserta didik kelas X Madrasah Aliyah Putri ICBB Yogyakarta.

Kata Kunci: Efektivitas, Hasil belajar Fiqih, Media Pembelajaran Canva

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: mrs Admin Repository
Date Deposited: 27 May 2025 12:30
Last Modified: 27 May 2025 12:30
URI: http://repository.stitmadani.ac.id/id/eprint/107

Actions (login required)

View Item
View Item