HILALLUDIN, HILALLUDIN (2025) UPAYA GURU PAI DALAM MEMBENTUK SELF CONTROL SISWA KELAS XII SALAFIYAH ULYA ISLAMIC CENTER BIN BAZ YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani Yogyakarta.
ABSTRAK HILALLUDIN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (147kB)
BAB I HILALLUDIN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (261kB)
BAB II HILALLUDIN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (439kB)
BAB III HIALLUDIN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (473kB)
BAB IV HILALLUDIN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (95kB)
DAFTAR PUSTAKA HILALLUDIN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (195kB)
FULL TEXT HILALLUDIN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (5MB)
Abstract
“Hilalludin (211.371.036). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam 
Membentuk Self Control Siswa Kelas XII di Salafiyah Ulya Islamic Center Bin Baz 
Yogyakarta Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan 
Agama Islam, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani Yogyakarta, 2025.” 
Penelitian ini didasarkan pada teori mengenai self control dalam perspektif 
pendidikan Islam, yang menekankan pentingnya pengendalian diri dalam membentuk 
karakter dan akhlak siswa. Dalam konteks pesantren, self control menjadi aspek 
fundamental dalam membentuk kedisiplinan, kemandirian, dan sikap tanggung jawab 
siswa. Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) memiliki peran penting dalam membimbing 
siswa dalam mengembangkan self control melalui berbagai metode pendidikan dan 
pembiasaan nilai-nilai Islami. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk: (1) 
mengetahui upaya guru PAI dalam membentuk self control di siswa kelas XII; (2) 
mengetahui faktor pendukung dan penghambat guru PAI dalam membentuk self control 
siswa; dan (3) mengetahui dampak dari pembentukan self control oleh guru PAI terhadap 
siswa kelas XII di Salafiyah Ulya Islamic Centre Bin Baz Yogyakarta. 
Jenis penelitian ini ialah kualitatif deskriptif dengan jenis studi kasus yang 
berfokus pada pemahaman mendalam terhadap upaya guru Pendidikan Agama Islam 
(PAI) dalam membentuk self control siswa di Salafiyah Ulya Islamic Center Bin Baz 
Yogyakarta Tahun Ajaran 2024/2025. Penelitian ini dilakukan secara langsung di 
lapangan dengan memanfaatkan tiga teknik utama dalam pengumpulan data, yaitu 
observasi, wawancara dan dokumentasi. 
Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru Pendidikan Agama Islam (PAI) 
membentuk self control siswa kelas XII di Salafiyah Ulya Islamic Center Bin Baz 
Yogyakarta melalui tiga strategi utama: pembiasaan positif, pendekatan emosional, dan 
keteladanan. Pembiasaan mencakup kedisiplinan, kejujuran, dan rutinitas ibadah. 
Pendekatan emosional dilakukan dengan bimbingan dan nasihat lembut, sedangkan 
keteladanan ditunjukkan melalui perilaku guru yang mencerminkan nilai-nilai Islam. 
Faktor pendukung dalam pembentukan self control meliputi lingkungan pesantren yang 
religius, dukungan sekolah, metode interaktif, dan partisipasi siswa dalam kegiatan sosial. 
Sementara itu, faktor hambatannya adalah rendahnya kesadaran siswa, pengaruh negatif 
lingkungan digital, dan kejenuhan belajar. Untuk mengatasi hal ini, guru perlu inovatif 
dalam strategi pembelajaran. Dampaknya terlihat pada peningkatan kedisiplinan, 
kemandirian, tanggung jawab sosial, serta kemampuan menyaring pengaruh digital secara 
bijak. Nilai karakter seperti kejujuran, kesabaran, dan tawadhu’ juga makin tertanam, 
tercermin dari semangat belajar dan konsistensi siswa dalam kegiatan keagamaan. 
Kata Kunci: Self Control, Guru Pendidikan Agama Islam, Salafiyah Ulya, Siswa, 
Pesantren.
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General)  | 
        
| Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Art | 
| Depositing User: | mrs Admin Repository | 
| Date Deposited: | 19 May 2025 03:18 | 
| Last Modified: | 27 May 2025 01:39 | 
| URI: | http://repository.stitmadani.ac.id/id/eprint/97 | 
