Dewi, Aura Annasta (2024) : Implementasi Metode Halaqah Dalam Pembelajaran Nahwu Siswi Kelas X Madrasah Aliyah Putri Islamic Centre Bin Baz Yogyakarta Tahun Ajaran 2023/2024. Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani.
Skripsi Full Text - Aura Annasta Dewi-9-10.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (48kB)
Skripsi Full Text - Aura Annasta Dewi-17-40.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (337kB)
Skripsi Full Text - Aura Annasta Dewi-41-51.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (376kB) | Request a copy
Skripsi Full Text - Aura Annasta Dewi-52-72.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (344kB) | Request a copy
Skripsi Full Text - Aura Annasta Dewi-73-76.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (53kB)
Skripsi Full Text - Aura Annasta Dewi-77-81.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (124kB)
Skripsi Full Text - Aura Annasta Dewi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Metode halaqah merupakan suatu metode yang tidak dapat dipisahkan dari 
pendidikan berbasis pesantren. Metode ini digunakan agar mudah mengontrol santri 
dalam jumlah yang sedikit. Terlebih lagi, jika menggunakan metode klasikal anak�anak terlihat tidak fokus. Melalui metode halaqah ini akan tumbuh dan berkembang 
pemikiran yang kritis dan logis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 
implementasi, problematika serta solusi dalam metode halaqah pembelajaran 
Nahwu.
Penelitian ini dilaksanakan di karantina Madrasah Aliyah Islamic Centre 
Bin Baz Yogyakarta. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif
dengan jenis penelitian lapangan (field research). Metode pengumpulan data pada 
penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum implementasi metode 
halaqah dalam pembelajaran nahwu berlangsung dengan baik, namun ada beberapa 
problematika yang terjadi seperti, santri merasa jenuh, kurangnya wibawa para 
pengajar, dan juga terdapat santri yang membutuhkan perhatian khusus. Solusi yang 
dilakukan adalah memberikan motivasi kepada santri, membiasakan untuk 
menyelipkan doa saat berbicara kepada santri, berbicara dengan Bahasa yang 
lembut, dan terakhir memberikan les tambahan.
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Bahasa Arab, Halaqah, ICBB, Metode Belajar, Nahwu | 
| Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PG Slavic, Baltic, Albanian languages and literature  | 
        
| Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education | 
| Depositing User: | mrs Admin Repository | 
| Date Deposited: | 24 Dec 2024 07:30 | 
| Last Modified: | 24 Dec 2024 07:30 | 
| URI: | http://repository.stitmadani.ac.id/id/eprint/55 | 
