Dewi, Mutia Armida (2024) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN PENERAPAN METODE GAME BASED LEARNING (GBL) TERHADAP MATA PELAJARAN SIRAH KELAS V C SALAFIYAH ULA ISLAMIC CENTRE BIN BAZ PUTRI YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2023/2024. Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani.
Skripsi Full Text - Mutia Armida Dewi-11-12.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (66kB)
Skripsi Full Text - Mutia Armida Dewi-15-38.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (347kB)
Skripsi Full Text - Mutia Armida Dewi-39-56.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (295kB) | Request a copy
Skripsi Full Text - Mutia Armida Dewi-57-100.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (337kB) | Request a copy
Skripsi Full Text - Mutia Armida Dewi-101-104.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (132kB)
Skripsi Full Text - Mutia Armida Dewi-105-111.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (203kB)
Skripsi Full Text - Mutia Armida Dewi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Media pembelajaran merupakan alat bantu yang digunakan untuk 
membantu proses belajar mengajar dalam mencapai tujuan pembelajaran. Salah 
satu inovasi pembelajaran yaitu menggunakan metode game based learning
dengan permainan Teka Teki Silang, permainan ini mampu menghadirkan suasana 
yang meriah dan menyenangkan di dalam kelas. menggunakan permainan teka 
teki silang pembelajaran menjadi lebih semangat, menyenangkan dan membuat 
para peserta didik tidak bosan dalam mengikuti pembelajaran. Penelitian ini 
dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi belajar Sirah peserta didik 
kelas V C Salafiyah Ula Islamic Centre Bin Putri dengan penerapan metode game 
based learning menggunakan media permainan Teka Teki Silang. 
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adapun data 
diperoleh dari wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. Objek penelitian 
kelas V C Salafiyah Ula Islamic Centre Bin Baz Putri Yogyakarta yang berjumlah 
20 peserta didik. Penelitian ini mengaplikasikan tiga tahapan yaitu pra-siklus, 
siklus 1, dan siklus II. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan 
observasi dan angket. Data yang diperoleh dianalisis dengan cara 
mendeskripsikan hasil observasi, paparan data dan penyimpulan.
Hasil observasi penerapan metode game based learning, pada siklus 1 
mencapai 62,5% dan meningkat pada siklus II yaitu mencapai 85,416%. Hasil 
penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan motivasi belajar peserta didik 
yang ditunjukkan dengan besarnya rata-rata persentase dalam angket motivasi 
belajar peserta didik, yakni secara keseluruhan pada pra-siklus mempunyai 
persentase 67,6875%, siklus 1 mulai meningkat 77,375%, dan bertambah 
meningkat pada siklus II sebesar 82,4%. Penelitian mengaplikasikan metode game 
based learnig dengan menggunakan media permainan Teka Teki Silang ini 
membuktikan bahwa adanya peningkatan pada motivasi belajar peserta didik.
Kata kunci: Motivasi Belajar, Metode Game Based Learning, Permainan Teka 
Teki Silang.
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General)  | 
        
| Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education | 
| Depositing User: | mrs Admin Repository | 
| Date Deposited: | 22 Dec 2024 06:09 | 
| Last Modified: | 22 Dec 2024 06:09 | 
| URI: | http://repository.stitmadani.ac.id/id/eprint/34 | 
