PENERAPAN HALAQOH IDHAFIYYAH DALAMPEMBELAJARANNAHWU KELAS IX SALAFIYAH WUSTHA ISLAMIC CENTREBINBAZ YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2023/2024

Aisyah, Aisyah (2024) PENERAPAN HALAQOH IDHAFIYYAH DALAMPEMBELAJARANNAHWU KELAS IX SALAFIYAH WUSTHA ISLAMIC CENTREBINBAZ YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2023/2024. Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani Yokyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
FIX ACC - Skripsi Aisyah Tasiwan-1 - Aisyah Ibnatu Tasiwan-9-10.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (154kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
FIX ACC - Skripsi Aisyah Tasiwan-1 - Aisyah Ibnatu Tasiwan-15-36.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (202kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
FIX ACC - Skripsi Aisyah Tasiwan-1 - Aisyah Ibnatu Tasiwan-37-51.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (197kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
FIX ACC - Skripsi Aisyah Tasiwan-1 - Aisyah Ibnatu Tasiwan-52-84.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (308kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
FIX ACC - Skripsi Aisyah Tasiwan-1 - Aisyah Ibnatu Tasiwan-85-89.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (103kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
FIX ACC - Skripsi Aisyah Tasiwan-1 - Aisyah Ibnatu Tasiwan-90-92.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (139kB)
[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
FIX ACC - Skripsi Aisyah Tasiwan-1 - Aisyah Ibnatu Tasiwan.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Halaqah idhafiyyah adalah kelompok kecil pembelajaran tambahan, bertujuan memperbaiki aspek agama dan moral dengan pertemuan rutin. Parasantri belajar, berdiskusi, dan mengajar nilai-nilai keagamaan, mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari, serta mendapatkan kekuatanspiritual dan inspirasi dari sesama anggota. Halaqah Idhafiyyah tidak hanyaruang peningkatan diri, tetapi juga menjanjikan prestasi lebih tinggi, seperti
yang diungkapkan oleh Jhon W. Santrok diharapkan, melalui pembelajarantambahan ini, para santri dapat menghadapi tantangan hidup dengan keyakinandan perspektif yang lebih luas. Penelitian ini digunakan untuk mengetahui
bagaimana penerapan Halaqah idhafiyyah dalam pembelajaran nahwu di kelas
IX salafiyah wustha pondok pesantren Islamic Center Binbaz Putri Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Adapun subjekdalam penelitian ini adalah guru Halaqah idhafiyyah dan santri kelas IXsalafiyah wustha pondok pesantren Islamic Center Binbaz Putri Yogykarta. Selain itu subjek pendukung dalam penelitian ini adalah penanggung jawabbahasa Arab di salafiyah wustha pondok pesantren Islamic Center Binbaz Putri
Yogyakarta. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan Halaqahidhafiyyah dalam pembelajaran nahwu di kelas IX salafiyah wustha pondokpesantren Islamic Center Binbaz Putri Yogyakarta. Dalam menggali informasi
yang diinginkan, peneliti menggunakan Teknik pengumpulan data yaituobservasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis yang penulis
gunakan adalah analisis data kualitatif dengan model Miles and Huberman yaitureduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan HalaqahIdhafiyyah dalam pembelajaran Nahwu di Pondok Pesantren Islamic Center
Binbaz Putri Yogyakarta. Adapun tujuan diterapkannya Halaqah Idhafiyyahini
bertujuan untuk mencapai tujuan-tujuan pembelajaran yang khusus danterdefinisi dengan jelas. Penelitian menunjukkan bahwa Halaqah Idhafiyyahefektif meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi Nahwu denganmemperkuat pemahaman melalui pengulangan materi secara interaktif. Evaluasi
menunjukkan sebagian besar siswa berhasil memahami materi, meskipunterdapat variasi dalam hasil belajar antar kelas. Faktor pendukung mencakuppengulangan materi mendalam, interaksi intensif antara pengajar dan santri, danmotivasi berpartisipasi yang tinggi. Namun, terdapat juga hambatan seperti
kurangnya rasa percaya diri pengajar dan kurangnya motivasi belajar dari santri. Strategi seperti penyesuaian jadwal Halaqah Idhafiyyah dan pemberian insentif
menjadi kunci dalam mengatasi hambatan tersebut untuk mencapai
pembelajaran yang lebih efektif bagi santri. Kata Kunci : Halaqah Idhafiyyah, Pembelajaran Nahwu, Pondok Pesantren

ABSTRACT
Halaqah idhafiyyah is a small additional learning group aimedat
improving religious and moral aspects through regular meetings. Students
learn, discuss, and teach religious values, apply them in daily life, and gainspiritual strength and inspiration from fellow members. Halaqah Idhafiyyahis
not just a space for self-improvement, but also promises higher achievements, as expressed by Jhon W. Santrok, it is hoped that through this additional
learning, students can face life's challenges with broader beliefs andperspectives. This research is used to understand how Halaqah idhafiyyahis
implemented in Nahwu learning in class IX of Salafiyah Wustha at PondokPesantren Islamic Center Binbaz Putri Yogyakarta. This study is a qualitativedescriptive research. The subjects of this study are Halaqah idhafiyyahteachers and students of class IX of Salafiyah Wustha at Pondok PesantrenIslamic Center Binbaz Putri Yogyakarta. In addition, supporting subjects inthis
study are Arabic language supervisors at Salafiyah Wustha at PondokPesantren Islamic Center Binbaz Putri Yogyakarta. Meanwhile, the object of
this study is the implementation of Halaqah idhafiyyah in Nahwu learninginclass IX of Salafiyah Wustha at Pondok Pesantren Islamic Center Binbaz Putri
Yogyakarta. In obtaining the desired information, researchers used datacollection techniques such as observation, interviews, and documentation. Meanwhile, the analysis used by the writer is qualitative data analysis withtheMiles and Huberman model, namely data reduction, data presentation, andconclusion drawing. The results of this study indicate that the use of Halaqah IdhafiyyahinNahwu learning at Pondok Pesantren Islamic Center Binbaz Putri Yogyakarta. The purpose of implementing Halaqah Idhafiyyah is to achieve specific andclearly defined learning objectives. The research shows that HalaqahIdhafiyyah is ef ective in improving students' understanding of Nahwu material
by reinforcing understanding through interactive material repetition. Evaluation shows that most students successfully understand the material, although there is variation in learning outcomes between classes. Supportingfactors include deep material repetition, intensive interaction between teachers
and students, and high participation motivation. However, there are alsoobstacles such as lack of teacher confidence and lack of student learningmotivation. Strategies such as adjusting the schedule of Halaqah Idhafiyyahand providing incentives are key to overcoming these obstacles to achieve moreef ective learning for students. Keywords: Halaqah Idhafiyyah, Nahwu Learning, Islamic Boarding School

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: mrs Admin Repository
Date Deposited: 10 Oct 2025 07:22
Last Modified: 10 Oct 2025 07:22
URI: http://repository.stitmadani.ac.id/id/eprint/338

Actions (login required)

View Item
View Item