Anisah, Anisah (2024) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN KOSAKATA PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS III B SALAFIYAH ULA ISLAMIC CENTER BIN BAZ YOGYAKARTA. Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani Yokyakarta.
ilovepdf_split-range.zip
Download (2MB)
Dokumen dari Nur AzizahAli - نور عزيزة Nur Azizah B20-11-12.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (319kB)
Dokumen dari Nur AzizahAli - نور عزيزة Nur Azizah B20-13-36.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (694kB)
Dokumen dari Nur AzizahAli - نور عزيزة Nur Azizah B20-37-53.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (606kB)
Dokumen dari Nur AzizahAli - نور عزيزة Nur Azizah B20-54-72.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (560kB)
Dokumen dari Nur AzizahAli - نور عزيزة Nur Azizah B20-73-75.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (436kB)
Dokumen dari Nur AzizahAli - نور عزيزة Nur Azizah B20-76-77.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (429kB)
Dokumen dari Nur AzizahAli - نور عزيزة Nur Azizah B20.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (1MB)
Abstract
ABSTRAK
Problematika Pembelajaran Kosakata Pada Pembelajaran Bahasa Arab
Kelas III B Salafiyah Ula Islamic Centre Bin Baz Yogyakarta
Oleh :
Anisah
NIM : 201.372.059
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika pembelajaran
kosakata pada pembelajaran bahasa Arab kelas III B Salafiyah Ula Islamic Centre
Bin Baz Yogyakarta dan apa saja solusi yang bisa terapkan dalam mengatasi
problematika pembelajaran kosakata pada pembelajaran bahasa Arab kelas III B
Salafiyah Ula Islamic Centre Bin Baz Yogyakarta
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dikelas III
B Salafiyah Ula Islamic Centre Bin Baz Yogyakarta. Pengumpulan data
menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi dengan
penganalisisan data secara analisis data kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa didalam pembelajaran kosakata
bahasa Arab di Salafiyah Ula Islamic Centre Bin Baz Yogyakarta terdapat kendala
yang menjadi faktor penyebab nilai peserta didik sebagian besar masih berada di
bawah nilai KKM.
Peneliti menemukan bahwa Problematika pembelajaran kosakata bahasa
Arab pada pembelajaran bahasa Arab dikelas III B Salafiyah Ula dipengaruhi oleh
beberapa faktor diantaranya yaitu faktor dari peserta didik , media pembelajaran
dan waktu tatap muka . 1). Minat, kemauan dan motivasi belajar peserta didik masih
harus terus ditingkatkan. Kesulitan di dalam menulis dan mengharokati serta
kesulitan dalam memahami arti mufrodat menjadi kendala dalam kegiatan belajar
mengajar. 2) Kehadiran media dalam proses belajar mengajar memiliki pengaruh
yang besar, karena keberadaan media sebagai alat bantu dapat membantu mengatasi
ketidakjelasan dalam materi yang disampaikan. Media tersebut memiliki peran
penting dalam menyederhanakan materi yang kompleks dan mengatasi
keterbatasan pengalaman peserta didik. Kerumitan dalam penyampaian materi
dapat disederhanakan dengan dukungan media. 3) Penyampaian dan penjelasan
materi dengan latar belakang dan kemampuan peserta didik yang berbeda-beda
tentunya memerlukan waktu yang cukup.
Kata kunci: Problematika, Kosakata, Pembelajaran Bahasa Arab
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion L Education > L Education (General)  | 
        
| Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education | 
| Depositing User: | mrs Admin Repository | 
| Date Deposited: | 10 Oct 2025 01:25 | 
| Last Modified: | 10 Oct 2025 01:27 | 
| URI: | http://repository.stitmadani.ac.id/id/eprint/332 | 
