Evaluasi Program Taḥfīẓ Al-Qur’ān Menggunakan Model CIPP (Context, Input, Process, Product) di Salafiyah Wustha Pondok Pesantren Islamic Center Bin Baz 4 Wangon Kabupaten Banyumas Tahun Ajaran 2024/2025

Naryo, Naryo (2025) Evaluasi Program Taḥfīẓ Al-Qur’ān Menggunakan Model CIPP (Context, Input, Process, Product) di Salafiyah Wustha Pondok Pesantren Islamic Center Bin Baz 4 Wangon Kabupaten Banyumas Tahun Ajaran 2024/2025. Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani Yogyakarta.

[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (256kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (517kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (498kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (884kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (307kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (256kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (3MB)

Abstract

“Naryo. 211371026. Evaluasi Program Taḥfīẓ Al-Qur’ān Menggunakan Model CIPP (Context, Input, Process, Product) di Salafiyah Wustha Pondok Pesantren Islamic Center Bin Baz 4 Wangon Kabupaten Banyumas Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Agama Islam. Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani Yogyakarta, 2025.”

Penelitian ini berlatar belakang bahwa program taḥfīẓ Al-Qur’ān di Salafiyah Wustha Islamic Center Bin Baz 4 Wangon Kabupaten Banyumas telah berjalan 4 tahun, akan tetapi belum pernah dilakukan evaluasi secara komprehensif. Oleh karena itu ketercapaian tujuan program beserta faktor-faktor yang mempengaruhinya belum diketahui secara menyeluruh. Model CIPP (context, input, process, product) merupakan model evaluasi yang memiliki kelebihan dapat mengevaluasi suatu program secara komperehensif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil evaluasi program taḥfīẓ Al-Qur’ān menggunakan model CIPP yang meliputi evaluasi konteks (context), masukan (input), proses (process) dan produk (product).
Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluatif. Penelitian evaluatif adalah suatu penelitian yang menuntut persyaratan yang harus dipenuhi, yaitu adanya kriteria, tolak ukur, atau standar yang digunakan sebagai pembanding bagi data yang diperoleh. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik Miles & Huberman yang terdiri dari tiga subproses yang saling terhubung yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan/ verifikasi.
Hasil penelitian adalah sebagai berikut: 1) Evaluasi komponen konteks memperoleh nilai 87,5 dengan kategori sangat baik. 2) Evaluasi komponen input memperoleh nilai 72,2 dengan kategori baik. 3) Evaluasi komponen proses memperoleh nilai 68,7 dengan kategori baik. 4) Evaluasi produk atau hasil memperoleh nilai 87,5 dengan kategori sangat baik. Hasil evaluasi program taḥfīẓ Al-Qur’ān secara keseluruhan memperoleh nilai 76 dengan kategori baik. Agar hasil capaian program meningkat direkomendasikan agar: 1) mendokumentasikan dan mensosialisasikan kebijakan pondok. 2) Menyusun buku panduan taḥfīẓ Al-Qur’ān. 3) Meningkatkan kompetensi guru. 4) Meragamkan kegiatan untuk meningkatkan motivasi menghafal dan memelihara hafalan.

Kata kunci : evaluasi program, model CIPP, taḥfīẓ Al-Qur’ān

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: mrs Admin Repository
Date Deposited: 01 Jul 2025 23:05
Last Modified: 01 Jul 2025 23:05
URI: http://repository.stitmadani.ac.id/id/eprint/309

Actions (login required)

View Item
View Item