Al Zuri, Muhammad Ihsaan (2025) Pendekatan Humanistik Dalam Pembelajaran Akidah Akhlak Kelas VI Di SD IT Al-Amin Ngamprah Bandung Barat. Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani.
![[thumbnail of Abstrak]](http://repository.stitmadani.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
abstrak skripsi_muhammad_ihsaan_al_zuri_.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (296kB)
![[thumbnail of Bab I]](http://repository.stitmadani.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
bab 1 skripsi_muhammad_ihsaan_al_zuri_.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (598kB)
![[thumbnail of Bab II]](http://repository.stitmadani.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
bab 2 skripsi_muhammad_ihsaan_al_zuri_.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (858kB)
![[thumbnail of Bab III]](http://repository.stitmadani.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
bab 3 skripsi_muhammad_ihsaan_al_zuri_.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (597kB)
![[thumbnail of Bab IV]](http://repository.stitmadani.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
bab 4 skripsi_muhammad_ihsaan_al_zuri_.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (265kB)
![[thumbnail of Daftar pustaka]](http://repository.stitmadani.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
daftar pustaka skripsi_muhammad_ihsaan_al_zuri_.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (390kB)
![[thumbnail of Full text]](http://repository.stitmadani.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
full text skripsi_muhammad_ihsaan_al_zuri_.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (2MB)
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya penyimpangan dan kekerasan
di lingkungan pendidikan di era globalisasi saat ini. Hal tersebut menunjukkan
pentingnya penerapan pembelajaran yang berfokus pada nilai-nilai kemanusiaan
guna mendukung pengembangan potensi peserta didik. Oleh karena itu, penerapan
pendidikan humanistik di sekolah menjadi sangat krusial agar proses belajar
mengajar dapat berjalan secara maksimal. Metode yang digunakan dalam penelitian
ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif, yang bertujuan untuk
menggambarkan penerapan pendekatan humanistik di sekolah yang diteliti. Teknik
pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Penelitian ini menganalisis bagaimana pembelajaran akidah akhlak
diimplementasikan secara humanistik, serta mengidentifikasi faktor-faktor yang
menjadi kendala maupun pendukung dalam proses pembelajaran tersebut.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran yang menerapkan
pendekatan humanistik berjalan dengan efektif melalui tahap-tahap yang mencakup
perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi yang berlandaskan pada nilai-nilai
kemanusiaan. Hal ini membantu peserta didik dalam mengembangkan potensinya
secara optimal demi kebahagiaan di dunia dan akhirat. Faktor penghambat dalam
penerapan ini antara lain metode pengajaran guru yang monoton, kondisi kesehatan
siswa yang terganggu, pengaruh modernisasi, minimnya perhatian orang tua, serta
keterbatasan sarana dan prasarana. Sementara itu, faktor pendukungnya meliputi
lokasi sekolah yang strategis, kesadaran siswa, perhatian guru, adanya toleransi
antar siswa, dan keberadaan donatur tetap.
Kata kunci: Penerapan Humanistik, Pembelajaran, Akidah Akhlak
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion L Education > L Education (General) |
Depositing User: | mrs Admin Repository |
Date Deposited: | 28 Jun 2025 02:19 |
Last Modified: | 28 Jun 2025 02:19 |
URI: | http://repository.stitmadani.ac.id/id/eprint/294 |