Al Zuri, Muhammad Ihsaan (2025) Pendekatan Humanistik Dalam Pembelajaran Akidah Akhlak Kelas VI Di SD IT Al-Amin Ngamprah Bandung Barat. Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani.
abstrak skripsi_muhammad_ihsaan_al_zuri_.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (296kB)
bab 1 skripsi_muhammad_ihsaan_al_zuri_.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (598kB)
bab 2 skripsi_muhammad_ihsaan_al_zuri_.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (858kB)
bab 3 skripsi_muhammad_ihsaan_al_zuri_.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (597kB)
bab 4 skripsi_muhammad_ihsaan_al_zuri_.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (265kB)
daftar pustaka skripsi_muhammad_ihsaan_al_zuri_.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (390kB)
full text skripsi_muhammad_ihsaan_al_zuri_.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (2MB)
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya penyimpangan dan kekerasan 
di lingkungan pendidikan di era globalisasi saat ini. Hal tersebut menunjukkan 
pentingnya penerapan pembelajaran yang berfokus pada nilai-nilai kemanusiaan 
guna mendukung pengembangan potensi peserta didik. Oleh karena itu, penerapan 
pendidikan humanistik di sekolah menjadi sangat krusial agar proses belajar 
mengajar dapat berjalan secara maksimal. Metode yang digunakan dalam penelitian 
ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif, yang bertujuan untuk 
menggambarkan penerapan pendekatan humanistik di sekolah yang diteliti. Teknik 
pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. 
Penelitian ini menganalisis bagaimana pembelajaran akidah akhlak 
diimplementasikan secara humanistik, serta mengidentifikasi faktor-faktor yang 
menjadi kendala maupun pendukung dalam proses pembelajaran tersebut.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran yang menerapkan 
pendekatan humanistik berjalan dengan efektif melalui tahap-tahap yang mencakup 
perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi yang berlandaskan pada nilai-nilai 
kemanusiaan. Hal ini membantu peserta didik dalam mengembangkan potensinya 
secara optimal demi kebahagiaan di dunia dan akhirat. Faktor penghambat dalam 
penerapan ini antara lain metode pengajaran guru yang monoton, kondisi kesehatan 
siswa yang terganggu, pengaruh modernisasi, minimnya perhatian orang tua, serta 
keterbatasan sarana dan prasarana. Sementara itu, faktor pendukungnya meliputi 
lokasi sekolah yang strategis, kesadaran siswa, perhatian guru, adanya toleransi 
antar siswa, dan keberadaan donatur tetap.
Kata kunci: Penerapan Humanistik, Pembelajaran, Akidah Akhlak
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion L Education > L Education (General)  | 
        
| Depositing User: | mrs Admin Repository | 
| Date Deposited: | 28 Jun 2025 02:19 | 
| Last Modified: | 28 Jun 2025 02:19 | 
| URI: | http://repository.stitmadani.ac.id/id/eprint/294 | 
