Hermawati, Triana (2024) Implementasi Pendidikan Karakter Siswa Disabilitas pada Jenjang Sekolah Menengah Atas SLB Yapenas Yogyakarta Tahun Ajaran 2023/2024. Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani.
Skripsi Full Text - Triana Hermawati-9.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (47kB)
Skripsi Full Text - Triana Hermawati-21-45.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (171kB)
Skripsi Full Text - Triana Hermawati-46-72.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (239kB) | Request a copy
Skripsi Full Text - Triana Hermawati-73-111.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (299kB) | Request a copy
Skripsi Full Text - Triana Hermawati-112-114.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (50kB)
Skripsi Full Text - Triana Hermawati-115-117.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (182kB)
Skripsi Full Text - Triana Hermawati.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Pendidikan karakter di Sekolah Luar Biasa (SLB) Yapenas Yogyakarta
menjadi fokus utama dalam membentuk siswa menjadi individu yang mandiri,
berempati, dan berdaya tahan. Dengan pendekatan holistik dan inklusif, sekolah
ini menekankan pengembangan nilai-nilai moral dan sosial yang fundamental bagi
setiap siswa, termasuk mereka yang memiliki disabilitas. Gerakan Literasi
Sekolah (GLS) yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa menjadi salah satu
program yang diintegrasikan, menciptakan lingkungan pembelajaran yang
mendukung perkembangan karakter siswa secara menyeluruh.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif diskriptif yang bertujuan
untuk menggambarkan pelaksanaan implementasi pendidikan karakter di SLB
Yapenas Yogyakarta. Dengan menggunakan pendekatan penelitian lapangan
(field research), peneliti akan secara hati-hati, sistemik, dan terus menerus
mengumpulkan data dari lingkungan sekolah. Data-data yang terkumpul akan
dianalisis secara kualitatif, dimana peneliti akan memeriksa informasi dari para
informan sebagai subyek penelitian dalam lingkungan hidup keseharian mereka.
Pendekatan holistik dan inklusif yang diterapkan menciptakan landasan
yang kuat bagi perkembangan holistik siswa, termasuk mereka yang memiliki
disabilitas. Melalui program-program yang disesuaikan, seperti GLS, siswa
didorong untuk mengembangkan nilai-nilai moral, sosial, dan emosional yang
penting bagi keberhasilan mereka dalam kehidupan. SLB Yapenas memberikan
bukti bahwa setiap siswa, tanpa memandang latar belakang atau kondisi mereka,
memiliki potensi untuk tumbuh dan berkembang menjadi individu yang mandiri,
berempati, dan berdaya tahan dalam menghadapi berbagai tantangan di masa
depan.
Kata kunci : Pendidikan Karakter: Siswa: Sekolah Luar Biasa
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | mrs Admin Repository |
Date Deposited: | 22 Dec 2024 03:20 |
Last Modified: | 22 Dec 2024 03:20 |
URI: | http://repository.stitmadani.ac.id/id/eprint/28 |