Pengaruh Program Tamhidi Terhadap Hasil Pembelajaran Maharatul Kalam Santriwati Kelas X Islamic Centre Bin Baz Yogyakarta Tahun Ajaran 2024/2025

Alfiah, Saidah (2025) Pengaruh Program Tamhidi Terhadap Hasil Pembelajaran Maharatul Kalam Santriwati Kelas X Islamic Centre Bin Baz Yogyakarta Tahun Ajaran 2024/2025. Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani Yogyakarta.

[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
003. Abstrak Indo.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (154kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (510kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB 2.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (352kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB 3.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB 4.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (161kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Dapus.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (238kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
000. Skripsi Asli.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (5MB)

Abstract

“Saidah Alfiah (211372056). Pengaruh Program Tamhidi Terhadap Hasil Pembelajaran Maharatul Kalam Santriwati Kelas X Islamic Centre Bin Baz Yogyakarta Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Bahasa Arab. Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani Yogyakarta, 2025.”
Pembelajaran bahasa Arab memiliki peranan penting dalam menunjang pemahaman ajaran Islam, khususnya dalam keterampilan berbicara (maharatul kalam). Namun, keberagaman latar belakang pendidikan santriwati kelas X Islamic Centre Bin Baz Yogyakarta memunculkan tantangan tersendiri dalam penguasaan bahasa Arab lisan. Untuk menjawab tantangan tersebut, diterapkan program Tamhidi yang mencakup mata pelajaran Al- ‘Arabiyyah Bayna Yadaik (ABY), Nahwu, Shorof, serta Mufrodat/Hiwar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh program Tamhidi terhadap hasil pembelajaran Maharatul Kalam santriwati kelas X tahun ajaran 2024/2025.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian non-eksperimental (ex post facto). Metode analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda untuk menguji pengaruh simultan dan parsial dari variabel-variabel ABY, Nahwu, Shorof, serta Mufrodat/Hiwar terhadap Maharatul Kalam. Sampel penelitian sebanyak 108 santriwati yang diambil dari populasi 144 santriwati kelas X program Tamhidi menggunakan teknik purposive sampling. Data diperoleh dari nilai Asesmen Akhir Semester 1 dan hasil ujian Mufrodat/Hiwar, kemudian dianalisis menggunakan uji F, uji T, dan koefisien determinasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan program Tamhidi berpengaruh signifikan terhadap kemampuan Maharatul Kalam santriwati. Secara parsial, hanya variabel ABY memberikan kontribusi yang signifikan terhadap peningkatan kemampuan berbicara. Berdasarkan hasil tersebut, disarankan agar pengembangan program Tamhidi lebih difokuskan pada aspek praktis seperti ABY, serta peningkatan metode pengajaran Nahwu, Shorof dan Mufrodat/Hiwar agar lebih aplikatif dan mudah dipahami dalam konteks berbicara.
Kata Kunci: Tamhidi, Maharatul Kalam, Bahasa Arab, Regresi Linier, Ex post Facto.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: mrs Admin Repository
Date Deposited: 24 Jun 2025 07:43
Last Modified: 24 Jun 2025 07:43
URI: http://repository.stitmadani.ac.id/id/eprint/264

Actions (login required)

View Item
View Item