Sabila, Amalia (2024) Hubungan Tingkat Kreativitas dan Gaya Belajar Terhadap Prestasi Hafalan Al-Quran pada Siswa Kelas 5C Salafiyah Ula Putri Islamic Centre Bin Baz Yogyakarta Tahun Ajaran 2023/2024. Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani.
Skripsi Full Text - Amalia Sabila-9-10.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (314kB)
Skripsi Full Text - Amalia Sabila-17-50.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (444kB)
Skripsi Full Text - Amalia Sabila-51-79.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (372kB) | Request a copy
Skripsi Full Text - Amalia Sabila-80-126.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (809kB) | Request a copy
Skripsi Full Text - Amalia Sabila-127-130.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (213kB)
Skripsi Full Text - Amalia Sabila-131-136.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (243kB)
Skripsi Full Text - Amalia Sabila.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (6MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara tingkat kreativitas dan gaya belajar terhadap prestasi hafalan Al-Quran pada siswa kelas 5C Salafiyah Ula Islamic Centre Bin Baz Yogyakarta tahun ajaran 2023/2024. Subjek
penelitian ini adalah siswa kelas 5C Salafiyah Ula Putri Islamic Centre Bin Baz dengan total sampel berjumlah 20 siswa. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik sampling jenuh. Alat ukur yang digunakan adalah skala
tingkat kreativitas dan skala gaya belajar. Data dianalisis menggunakan teknik analisis Pearson product moment dan uji korelasi berganda dibantu dengan program aplikasi SPSS statistics for windows 26.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa hubungan antara tingkat kreativitas dan gaya belajar terhadap prestasi hafalan Al-Quran tidak berkorelasi. Tingkat koefisien korelasi antara variabel tingkat kreativitas dan gaya belajar terhadap prestasi hafalan Al-Quran menunjukkan F change sebesar 0,808 > 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa variabel tingkat kreativitas (X1) dan gaya belajar (X tidak memiliki hubungan yang signifikan terhadap variabel prestasi hafalan Al-Quran (Y secara simultan. Nilai R (koefisien korelasi sebesar 0,158 maka bisa disimpulkan tingkat hubungan antara tingkat kreativitas ( X
1) dan gaya belajar (X terhadap variabel prestasi hafalan Al-Quran (Y memiliki hubungan yang sangat rendah.
Hasil uji hipotesis berdasarkan tabel hasil uji T pada variabel X menunjukkan bahwa nilai thitung -0,438 < ttabel 2,110 maka H0122 diterima dan H ditolak. Artinya terdapat hubungan yang rendah antara tingkat kreativitas terhadap prestasi hafalan Al-Quran secara signifikan dengan arah yang negatif. Hasil uji hipotesis berdasarkan tabel hasil uji T pada variabel X menunjukkan nilai thitung-0,656 < ttabel 2,110 maka H02 diterima dan H2 ditolak. Artinya terdapat hubungan yang rendah antara gaya belajar dengan prestasi hafalan Al-Quran a2 dengan arah negatif. Adapun hasil keeratan antara ketiga variabel sebesar 25% dan 75% sisanya didistribusikan oleh variabel lain yang tidak disebutkan dalam
penelitian ini.
Kata Kunci: Tingkat Kreativitas, Gaya Belajar, Prestasi Hafalan Al-Quran
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | mrs Admin Repository |
Date Deposited: | 22 Dec 2024 02:41 |
Last Modified: | 22 Dec 2024 02:41 |
URI: | http://repository.stitmadani.ac.id/id/eprint/26 |