KONSEP BIMBINGAN KONSELING DALAM AL-QUR'AN (STUDI TAFSIR IBNU KATSIR TERHADAP SURAH AN-NAHL AYAT 125) SERTA RELEVANSINYA PADA PENDIDIKAN AKHLAK

Afifa, Muqminatul (2025) KONSEP BIMBINGAN KONSELING DALAM AL-QUR'AN (STUDI TAFSIR IBNU KATSIR TERHADAP SURAH AN-NAHL AYAT 125) SERTA RELEVANSINYA PADA PENDIDIKAN AKHLAK. Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (225kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (423kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (742kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (186kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (288kB)
[thumbnail of FULL text] Text (FULL text)
SKRIPSI FULL AFIFA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini membahas konsep bimbingan konseling dalam Al-Qur’an dengan fokus kajian pada Surah An-Nahl ayat 125 berdasarkan tafsir Ibnu Katsir serta relevansinya terhadap Pendidikan akhlak. Surah An-Nahl ayat 125 merupakan ayat yang menekankan pentingnya proses dakwah atau bimbingan yang dilakukan dengan pendekatan yang santun dan bijaksana, melalui tiga metode utama yaitu al-hikmah (kebijaksanaan), mauidzah hasanah (nasihat yang baik), dan mujadalah billati hiya ahsan (berdialog dengan cara yang terbaik). Tafsir Ibnu Katsir menjelaskan bahwa bimbingan harus dilakukan dengan memperhatikan kondisi psikologis dan karakter individu, serta mengedepankan nilai-nilai moral, etika, dan kesabaran.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan penafsiran Surah An-Nahl ayat 125 menurut perspektif tafsir Ibnu Katsir; dan (2) mendeskripsikan relevansi konsep dalam ayat tersebut terhadap Pendidikan akhlak. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pustaka (library research) dengan teknik analisis deskriptif kualitatif, di mana sumber data diperoleh dari literatur-literatur primer dan sekunder seperti kitab tafsir, buku ilmiah, jurnal, dan artikel terkait. Teknik analisis data menggunakan analisis isi (content analysis).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tafsir Ibnu Katsir terhadap Surah An-Nahl ayat 125 menekankan bahwa proses harus dilakukan dengan metode yang paling sesuai dan menyentuh hati, seperti metode al-hikmah, mauidzah hasanah, dan mujadalah billati hiya ahsan. Sehingga mampu menggugah kesadaran spiritual dan moral seseorang tanpa paksaan; dan (2) Konsep bimbingan konseling dalam ayat ini sangat relevan dengan Pendidikan akhlak, karena tidak hanya mengajarkan teknik penyampaian materi, tetapi juga pembentukan karakter, seperti kesabaran, empati, komunikasi yang santun, berpikir kritis, serta sikap terbuka dan dialogis. Dengan demikian, ayat ini menjadi landasan kuat bahwa proses bimbingan dalam Pendidikan harus berakar pada nilai-nilai akhlak yang mulia sebagaimana dicontohkan dalam Al-Qur’an dan dipertegas melalui tafsir para ulama, khususnya Ibnu Katsir.

Kata Kunci: Bimbingan Konseling, Surah An-Nahl, Pendidikan Akhlak

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: mrs Admin Repository
Date Deposited: 15 Jun 2025 06:54
Last Modified: 15 Jun 2025 06:54
URI: http://repository.stitmadani.ac.id/id/eprint/238

Actions (login required)

View Item
View Item