Firdaus, Furqon (2024) Kontribusi Penggunaan Tahsin Metode Bin Baz (MBB) Terhadap Peningkatan Kemampuan Bacaan Al-Quran Santri Kelas 2A Salafiyah Wustho Islamic Center Bin Baz Yogyakarta Semester Ganjil 2023. Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani.
Skripsi Full Text- furqon firdaus-11-12.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (138kB)
Skripsi Full Text- furqon firdaus-19-29.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (234kB)
Skripsi Full Text- furqon firdaus-30-51.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (350kB) | Request a copy
Skripsi Full Text- furqon firdaus-52-69.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (194kB) | Request a copy
Skripsi Full Text- furqon firdaus-70-72.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (199kB)
Skripsi Full Text- furqon firdaus-73-75.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (138kB)
Skripsi Full Text- furqon firdaus.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (3MB) | Request a copy
Abstract
Skripsi ini membahas kontribusi penggunaan metode tahsin bin baz 
yang digunakan oleh pondok pesantren Islamic Center Bin Baz (ICBB) 
Yogyakarta sebagai standarisasi peningkatan bacaan Al-Qur’an santri ICBB. 
Tahsin adalah salah satu program unggulan di pondok ICBB guna 
memperbaiki bacaan Al-Qur’an santri maupun staf ICBB agar sesuai kaidah 
bacaan Al-Qur’an yang diturunkan oleh Allah Subhānahu wa Ta’āla kepada 
Rasulullah Ṣallahu ‘Alaihi wa Salam, kaidah bacaan Al-Qur’an memiliki 3 
tahapan dasar yaitu makhārijul hurūf, ṣifātul hurūf, dan itmāmul harakat. dalam 
penggunaannya tahsin MBB memperhatikan 3 tahapan ini guna memcapai visi 
misi yang sesuai dengan pondok ICBB mencetak generasi Quraniy yang 
paham Al-Qur’an cara bacanya, isinya, kandungnya dan prakteknya.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan field research
menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan desain penelitian pretest dan 
posttest guna melihat kontribusi yang diberikan oleh Metode Tahsin Bin Baz 
Terhadap Peningkatan Kemampuan Bacaan Al-Qur’an Santri Kelas 2A
Salafiyah Wustho ICBB, penilaian pretest dan posttes berdasarkan tes bacaan 
al-fatihah yang dinilai sesuai standar tahsin MBB dan dinilai oleh ustaz-ustaz 
yang sesuai standar MBB.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan tahsin metode bin 
baz (MBB) memberikan kontribusi yang sangat baik dan positif terhadap 
peningkatan kemampuan bacaan Al-Qur’an santri kelas 2A Salafiyah Wustho
ICBB, sesuai dengan kaidah bacaan Al-Qur’an dan berdasarkan nilai pretest
dan posttest. Saran untuk program MBB kedepannya adalah agar pihak 
pondok ICBB dan partisipan memperhatikan dengan baik keberlangsungan 
program MBB, seperti kedisiplinan, dan niat, dan mengkaji ulasan ulama Al�Qur’an dalam penggunaan nada di dalam bacaan Al-Qur’an yang banyak 
pendapat melarang penggunaannya.
Kata kunci : Al-Qur’an, Metode Tahsin, Kemampuan Bacaan Al-Qur’an.
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General)  | 
        
| Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education | 
| Depositing User: | mrs Admin Repository | 
| Date Deposited: | 07 Dec 2024 07:16 | 
| Last Modified: | 07 Dec 2024 07:17 | 
| URI: | http://repository.stitmadani.ac.id/id/eprint/21 | 
