Sya'bani, Alviana Salsabila (2025) PENERAPAN TEORI INTERAKSIONISME SIMBOLIK PADA PENDIDIKAN KARAKTER SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH ISLAMIC CENTRE BIN BAZ PUTRI YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani Yogyakarta.
ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (129kB)
BAB 1 .pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (261kB)
BAB 2 .pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (296kB)
BAB 3 .pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (681kB)
BAB 4 .pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (68kB)
DAPUS.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (199kB)
FULL TEKS .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya pendidikan karakter dalam 
membentuk perilaku positif siswa serta adanya variasi dalam interaksi sosial di 
lingkungan sekolah, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Penerapan teori 
interaksionisme simbolik pada pendidikan karakter siswa kelas X Madrasah Aliyah 
Islamic Centre Bin Baz Putri Yogyakarta tahun ajaran 2024/2025, 2) Faktor pendukung 
dan Penghambat penerapan teori interaksionisme simbolik pada pendidikan karakter 
siswa kelas X Madrasah Aliyah Islamic Centre Bin Baz Putri Yogyakarta tahun ajaran 
2024/2025. 
Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian dengan pendekatan 
fenomenologi yang mana masuk ke dalam penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan 
data yang digunakann yaitu observasi partisipatif, wawancara mendalam dan
dokumentasi. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan 
kesimpulan dari hasil informasi yang relevan. Uji keabsahan data menggunakan 
triangulasi teknik.
Hasil penelitian pada skripsi ini menunjukkan penerapan teori interaksionisme 
simbolik pada pendidikan karakter siswa kelas X Madrasah Aliyah Islamic Centre Bin 
Baz Putri Yogyakarta yaitu, 1) Mind dalam komunikasi guru dan siswa kelas X 
Madrasah Aliyah Islamic Centre Bin Baz Putri Yogyakarta menghasilkan simbol�simbol verbal dan nonverbal yang telah disepakati bersama, seperti gestur pemeriksaan 
atribut, ekspresi wajah, dan nada bicara, yang dipahami siswa sebagai pesan 
kedisiplinan, adab, dan amanah. 2) Self dalam komunikasi terbagi menjadi: a) self guru, 
di mana guru mampu menempatkan diri sesuai situasi dan menjadi teladan (uswatun 
hasanah) dalam berpakaian, berbicara, dan bersikap; b) self siswa, di mana siswa 
berada pada tahap play stage (meniru perilaku guru dan lingkungan) dan games stage
(memainkan peran sosial secara sadar), sehingga siswa belajar menyesuaikan diri dan 
menjalankan peran sebagai individu yang disiplin dan beradab. 3) 
Society menunjukkan adanya hubungan baik antara guru dan siswa, di mana mereka 
aktif membentuk kesepakatan sosial melalui pembiasaan dan keteladanan, seperti 
salam, gotong royong, dan piket kelas, yang membentuk simbol-simbol sosial dan 
norma di lingkungan sekolah. Faktor pendukung penerapan teori interaksionisme 
simbolik pada pendidikan karakter siswa meliputi keteladanan guru, pemahaman dan 
penggunaan simbol-simbol sosial, interaksi intensif guru-siswa dan lingkungan sosial 
yang mendukung. Sedangkan faktor penghambat seperti pengaruh eksternal yang 
kontradiktif, keterbatasan konsistensi guru dan keragaman latar belakang siswa.
Kata Kunci: Teori Interaksionisme Simbolik, Pendidikan Karakter, Fenomenologi
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion L Education > L Education (General)  | 
        
| Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education | 
| Depositing User: | mrs Admin Repository | 
| Date Deposited: | 31 May 2025 14:13 | 
| Last Modified: | 31 May 2025 14:13 | 
| URI: | http://repository.stitmadani.ac.id/id/eprint/193 | 
