ANALISIS PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SANTRI KELAS VIII SALAFIYAH WUSTHO ISLAMIC CENTRE BIN BAZ YOGYAKRATA TAHUN AJARAN 2024/2025

HIDAYAT, HIDAYAT (2025) ANALISIS PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SANTRI KELAS VIII SALAFIYAH WUSTHO ISLAMIC CENTRE BIN BAZ YOGYAKRATA TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
abstark.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (93kB)
[thumbnail of BAB1] Text (BAB1)
bab1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (245kB)
[thumbnail of BAB2] Text (BAB2)
bab2.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (332kB)
[thumbnail of BAB3] Text (BAB3)
bab3.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (443kB)
[thumbnail of BAB4] Text (BAB4)
bab4.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (134kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (205kB)
[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
skripsi hidaya 57.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (93kB)

Abstract

ABSTRAK
Pembelajaran bahasa Arab di tingkat Madrasah Tsanawiyah masih
menghadapi berbagai problematika yang menghambat pencapaian tujuan
pembelajaran secara optimal. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kesulitan
yang dialami santri kelas VIII di Salafiyah Wustho Islamic Center Bin Baz
Yogyakarta, yang ditunjukkan dengan rendahnya minat belajar, keterbatasan
kosakata, serta kurangnya media pembelajaran yang menarik. Berdasarkan
permasalahan tersebut, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apa saja
problematika pembelajaran bahasa Arab yang dihadapi santri kelas VIII, dan apa
faktor penyebabnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi
bentuk-bentuk kesulitan yang dialami santri dalam pembelajaran bahasa Arab serta
mengetahui faktor-faktor penyebabnya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik
pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Subjek penelitian adalah santri kelas VIII Salafiyah Wustho serta guru pengampu
mata pelajaran bahasa Arab. Data dianalisis menggunakan metode reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Validitas data diperoleh melalui
triangulasi sumber dan teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa problematika utama yang dihadapi
santri meliputi kurangnya motivasi belajar, lemahnya penguasaan mufradat, serta
kurangnya variasi dalam metode pengajaran. Faktor penyebab meliputi kurangnya
latar belakang bahasa Arab di lingkungan santri, minimnya penggunaan media
pembelajaran, serta pendekatan guru yang masih konvensional. Peneliti
merekomendasikan perlunya inovasi dalam metode pembelajaran, peningkatan
pelatihan bagi guru, serta penyediaan media belajar yang lebih menarik dan
interaktif guna meningkatkan efektivitas pembelajaran bahasa Arab di lingkungan
pesantren. Kata kunci: pembelajaran bahasa Arab, santri, problematika, motivasi
belajar, metode pengajaran.
Kata Kunci: Pembelajaran Bahasa Arab, Santri, Problematika, Motivasi Belajar,
Metode Pengajaran

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: mrs Admin Repository
Date Deposited: 31 May 2025 02:05
Last Modified: 31 May 2025 02:05
URI: http://repository.stitmadani.ac.id/id/eprint/160

Actions (login required)

View Item
View Item