ANALISIS KUALITATIF EFEKTIVITAS METODE BIN BAZ (MBB) DALAM PEMBELAJARAN TAHSIN DI SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH MADANI YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2024/2025

Pratama, Riki (2025) ANALISIS KUALITATIF EFEKTIVITAS METODE BIN BAZ (MBB) DALAM PEMBELAJARAN TAHSIN DI SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH MADANI YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (90kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (302kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (400kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (715kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (98kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (194kB)
[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (4MB)

Abstract

”Riki Pratama. (211.371.046). Analisis Kualitatif Efektivitas Metode Bin Baz (MBB) Dalam Pembelajaran Tahsin. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Agama Islam. Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani Yogyakarta, 2025.”
Penelitian ini didasarkan pada teori mengenai efektivitas pembelajaran yang menekankan pentingnya metode yang tepat dalam meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur’an, khususnya dalam aspek Tahsin. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan Metode Bin Baz (MBB) dalam pembelajaran Tahsin, mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambatnya, serta menganalisis dampaknya terhadap kualitas bacaan mahasiswa.
Jenis penelitian ini ialah penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Variabel penelitian yang digunakan dalam penelitian ini variabel independen. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan yang diperoleh dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian dilakukan terhadap mahasiswa, pengajar, dan penanggung jawab Tahsin di Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani Yogyakarta dengan teknik purposive sampling.
Hasil penelitian memperlihatkan bahwa penerapan Metode Bin Baz (MBB) sangat efektif dalam meningkatkan kemampuan Tahsin mahasiswa, terlihat dari tingginya nilai aspek makhraj, sifat huruf, dan pemahaman tajwid. Faktor pendukung keberhasilan metode ini adalah pendekatan talqin klasik, irama yang menyenangkan, serta antusiasme guru dan mahasiswa. Adapun faktor penghambat metode ini adalah ketidakhadiran mahasiswa, kesulitan melafalkan huruf berharakat kasrah, kesulitan menghafal makharijul huruf, keterbatasan media, dan variasi irama.
Kata Kunci: Efektivitas, Metode Bin Baz, Tahsin, Pembelajaran Al-Qur’an

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: mrs Admin Repository
Date Deposited: 31 May 2025 02:03
Last Modified: 31 May 2025 02:03
URI: http://repository.stitmadani.ac.id/id/eprint/158

Actions (login required)

View Item
View Item